PEMBINAAN MUTU DAN STANDAR AKREDITASI LABORATORIUM KESEHATAN KULON PROGO

Dalam rangka menjamin mutu pelayanan, UPT Laboratorium Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo mendapatkan dukungan dana DAK Non Fisik Tahun 2019 untuk pelaksanaan akreditasi laboratorium. Terhitung sejak tanggal 2 Januari 2020, UPT Laboratorium Kesehatan memperoleh Sertifikat Akreditasi Penuh dari Komite Akreditasi Laboratorium Kesehatan (KALK) dengan masa berlaku 5 (lima) tahun.

Dengan diberlakukannya Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.01.07/Menkes/2011/2022 tentang Standar Akreditasi Laboratorium Kesehatan dan Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.01.07/Menkes/32/2023 tentang Lembaga Penyelenggara Akreditasi Pusat Kesehatan Masyarakat, Klinik, Laboratorium Kesehatanm, Unit Transfusi Darah, Tempat Praktik Mandiri Dokter dan Tempat Mandiri Dokter Gigi, maka dibutuhkan kegiatan pembinaan mutu dan standar akreditasi kepada UPT Laboratorium Kesehatan yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada peserta mengenai persyaratan mutu dan Akreditasi Laboratorium Kesehatan sesuai Standar Peraturan Menteri Kesehatan terbaru.

Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 23 dan 24 Mei 2023 bertempat di aula UPT Laboratorium Kesehatan Kabupaten Kulon Progo dengan nara sumber dr. Puguh Sulistiyono Budi, M.Kes dan dr. Willy Anthony IW, Sp PK, MMin dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Hadir dalam kesempatan tersebut ibu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Khusus dan rujukan dan Kepala UPT Laboratorium Kesehatan beserta segenap jajarannya. (Etik-Mei2023)