Paket Pelayanan Makan “DIETKU” RSUD Wates

Paket Pelayanan Makan “DIETKU” RSUD Wates

penulis : Sri Handayani

Permasalahan kesehatan di Indonesia saat ini semakin banyak. Individu di berbagai siklus kehidupan mempunyai permasalahan kesehatannya masing-masing. Kasus penyakit tidak menular (PTM) seperti penyakit jantung, pembuluh darah, ginjal, diabetes, obesitas, dan stunting meningkat tiap tahunnya. Tidak hanya itu, penyakit menular juga banyak terjadi. Melihat permasalahan itu, kementrian kesehatan berupaya untuk mengatasi dan mencegahnya dengan membentuk program kesehatan nasional. Salah satunya adalah Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Dalam GERMAS, tindakan yang dilakukan adalah konsumsi makanan yang bergizi seimbang. Oleh karena itu, penyediaan makanan bergizi bagi masyarakat diperlukan.

Pelayanan makan “DIETKU”

Instalasi Gizi RSUD Wates melakukan inovasi pengembangan pelayanan makanan yang diberi nama Paket Pelayanan Makan “DIETKU”. Paket pelayanan makan “DIETKU”, singkatan dari Diet Kulon Progo adalah  pelayanan makan bagi keluarga pasien, karyawan, dan masyarakat umum berupa diet biasa atau diet khusus dengan tarif berdasarkan Surat Keputusan Direktur RSUD Wates Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo.

Paket Pelayanan Makan “DIETKU” ini menjadi salah satu solusi yang tepat dalam upaya memberikan pelayanan makan yang lebih terjamin pemenuhan kebutuhan gizi keluarga pasien,  karyawan , dan masyarakat umum, meningkatkan efisiensi penggunaan anggaran, serta menjadikan Instalasi Gizi dari cost center menjadi  revenue center  di RSUD Wates  yang telah ditetapkan sebagai Pola Pengelolaan Keuangan (PPK) Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) serta dalam mendukung program GERMAS.

Tarif

Tarif pelayanan DIETKU telah diterapkan dengan Surat Keputusan Direktur RSUD Wates sejak bulan Juli 2021. Namun, sekarang telah berubah karena adanya pengembangan paket. Berdasarkan Surat Keputusan Direktur RSUD Wates Nomor 322 Tahun 2021 tanggal 14 Oktober 2021 tentang Paket Pelayanan Makan “DIETKU” Rumah Sakit Umum Daerah Wates, tarif pelayanan “DIETKU” mulai dari Rp.12.000,00, Rp.17.500,00,  Rp.20.000,00, Rp.25.000,00, dan Rp.30.000,00. Tarif pelayanan ini dapat dilakukan perubahan berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan dan disesuaikan dengan harga pasar.  

Konsumen Yang Dilayani

 Konsumen yang telah menggunakan pelayanan makan “DIETKU” pada tahun 2022 meliputi penunggu pasien/pengunjung (70%), karyawan (23%), dan pasien MCU(7%). Konsumen yang dilayani terjadi peningkatan sekitar 34,3% dari tahun 2021 hingga 2022. Pada tahun 2023 mulai melayani konsumen pasien post opname dengan diet  cair (blender) serta konsumen yang memesan DIETKU dengan diet khusus yaitu diet Rendah Energi untuk program penurunan berat badan.

Cara pemesan

Cara pemesanan paket makan “DIETKU” ini cukup mudah dan simpel. Untuk pasien, cara pemesanannya sebagai berikut:

  1. Datang ke nurse station untuk memesan kepada perawat atau menghubungi customer service instalasi gizi RSUD Wates dengan nomor 0898-1987-474.
  2. Pilih paket menu yang diinginkan sesuai dengan harga yang ada pada poster.
  3. Perawat akan memesan ke instalasi gizi melalui telepon/WA.
  4. Pramusaji akan mengantar pesanan sampai ke kamar perawatan.
  5. Keluarga pasien menikmati “DIETKU”.

Sedangkan untuk karyawan RSUD Wates caranya dengan memilih paket kemudian menghubungi petugas di instalasi gizi melalui telepon ataupun WA ke nomor customer Instalasi Gizi, kemudian pesanan akan segera diantar oleh pramusaji.

Masyarakat umum juga bisa memperoleh pelayanan makan “DIETKU” ini dengan cara  menghubungi customer service instalasi gizi RSUD Wates.

Rencana pengembangan

Paket Pelayanan makan “DIETKU” ini baru berjalan satu tahun tujuh bulan sehingga masih memerlukan beberapa pengembangan agar pelayanannya lebih optimal. Pihak instalasi gizi RSUD Wates telah merencanakan beberapa pengembangan yaitu pengembangan menu, memperbaiki tampilan paket (packaging), membuka tempat khusus di Food Court RSUD Wates, memperluas sasaran untuk mahasiswa praktik, pasien post opname di RSUD Wates, pasien poli gizi, serta sasaran masyarakat umum tanpa kecuali bagi pasien dewasa, maupun anak-anak, serta instansi pemerintah dan swasta melalui Mbiz, memperbanyak pilihan paket yaitu Paket “DIETKU” Homecare, Paket “DIETKU” Program Diet Khusus, dan Home Catering, mempermudah akses dengan jasa antar yang ditanggung konsumen, serta perubahan dan variasi tarif paket pelayanan “DIETKU” sesuai kebutuhan konsumen dan harga pasar yang berlaku. Pengembangan paket ini bertujuan untuk membantu program pemerintah dalam mencegah dan mengatasi permasalahan kesehatan karena dengan adanya paket “DIETKU” ini akan mempermudah masyarakat dalam memperoleh asupan makan sesuai dengan kebutuhan dan keadaan tubuh dalam upaya membantu mencegah dan mengatasi penyakit, serta mengurangi tingkat kekambuhan pasien post opname.

Inovasi ini diharapkan dapat berperan dalam menguatkan Instalasi Gizi menuju revenue center, dan bermanfaat untuk kegiatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif dalam membantu program  pemerintah dalam mencegah dan mengatasi PTM, penyakit menular, menurunkan prevalensi stunting dan wasting melalui pemenuhan gizi pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) bahkan sampai 8000 HPK, serta pada  seluruh siklus kehidupan mulai ibu hamil, ibu menyusui, bayi, balita,  anak, remaja, dewasa, dan lansia.