Pembinaan dan Pengarahan dari PJ. Bupati Kabupaten Kulon Progo di Dinas Kesehatan

Kamis 4 Agustus 2022 Bapak PJ. Bupati Kulon Progo Drs. Tri Saktiyana, M.Si melakukan kunjungan kerja ke Kantor Dinas Kesehatan Kulon Progo dalam rangka Pembinaan dan Pengarahan. Pertemuan ini digelar di Aula A Dinas Kesehatan, yang dihadiri oleh Kepala Dinas, Sekretaris, Seluruh Kepala Bidang, Kasi, Ka.Subag dan Sub.Koordinator serta seluruh Kepala Puskesmas hadir secara luring maupun daring. Pertemuan ini dilaksanakan guna memberikan pembinaan dan pengarahan serta motivasi kepada pegawai agar dapat melaksanakan tugas dengan lebih baik.

Bapak PJ. Bupati Kulon Progo Drs. Tri Saktiyana, M.Si menyampaikan beberapa masalah Kesehatan yang perlu diperhatikan :

  1. Penerapan standar pelayanan minimum baik dinas, rumah sakit dan puskesmas
  2. Penanganan penyakit tidak menular dan infeksi khususnya untuk mempertahankan wilayah bebas malaria
  3. Penanganan kesehatan jiwa
  4. Penguatan puskesmas dan faskes primer sebagai pelaksana kesehatan preventif dan promotif
  5. Penanganan stunting
  6. Pendataan dan pelaporan (termasuk catatan Kohort kesehatan ibu dan anak ) agar dibenahi untuk persiapan big (one) data kemenkes
  7. Kemitraan / pentahelix

Menjawab pertanyaan salah satu Kepala Puskesmas, Beliau menyampaikan “untuk dana di puskesmas seluruhnya dari kapitasi BPJS sehingga pemerintah berencana memformulasikan dana minimal yang harus ada di semua puskesmas yang tidak tergantung dari jumlah pasien, hal ini untuk mengejar pelayanan minimal, Dinas Kesehatan supaya memberikan perhatian pada puskesmas yang mempunyai kapitasi kecil supaya ada keseimbangan diantara puskesmas di daerah maju dengan di daerah yang semestinya perlu afirmasi yang lebih kuat untuk pelayanan kesehatan sesuai standar”

Bapak Drs. Tri Saktiyana, M.Si juga menambahkan tentang cara bekerja agar hasilnya maksimal yaitu bekerja dengan kartu Truf (Kartu As). Kartu As disini ada 4 yaitu Kerja Keras, Kerja Cerdas, Kerja Ikhlas, dan Kerja Tuntas. Tujuannya agar kita tidak terpeleset dan dapat bertanggung jawab terhadap pekerjaan. Yang tidak kalah penting didalam bekerja harus selalu meluangkan waktu untuk Tuhan kita.