RAPAT KOORDINASI PEMBINAAN PHBS (PENGUATAN JEJARING LINTAS PROGRAM PEMBINAAN PHBS)

Selasa, 22 Maret 2022 telah dilaksanakan kegiatan Koordinasi Pembinaan PHBS (Penguatan Jejaring Lintas Program Pembinaan PHBS) di RM Joglo TP, Wates.  Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo, dr. Sri Budi Utami , M. Kes.  Dalam sambutan dan arahan disampaikan bahwa capaian rumah tangga yang ber-PHBS pada tahun 2021 rendah (sekitar 21,71%), meskipun ada kenaikan dari tahun sebelumnya yang mencapai 20,23%. Nanti kita cek bersama-sama lintas program permasalahannya ada dimana. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat juga terkait dengan pelaksanaan Germas di masyarakat. Berharap bukan hanya sebagai slogan saja, tetapi bisa menjadi budaya dan roh di masyarakat. Apresiasi yang baik  dari bu Budi pada kegiatan hari ini karena sasaran kegiatan berasal dari lintas program yang ada di Dinas Kesehatan Kulon Progo, seperti Sanitarian puskesmas, Nutritionis puskesmas, Bidan puskesmas, Promkes puskesmas, seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi, seksi Kesehatan Lingkungan di Dinas Kesehatan Kulon Progo.

Kegiatan ini adalah sebuah upaya untuk menyamakan persepsi dan defenisi operasional dari  indikator-indikator yang ada dalam PHBS tatanan rumah tangga. Dimana dari ke-13 indikator dalam PHBS tatanan rumah tangga itu 3 indikator ada di seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi, 6 indikator ada di seksi Kesehatan Lingkungan serta 4 indikator sendiri ada di seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat. Berharap dengan kegiatan ini mampu meningkatkan cakupan serta kualitas data dari hasil pemantauan PHBS tatanan rumah tangga yang dilakukan, agar data tersebut bisa dimanfaatkan untuk kegiatan perencanaan, intervensi serta advokasi ke lintas program terkait dalam penanganan masalah yang ada.

Dalam kegiatan ini lebih banyak berdiskusi serta curah pendapat dari semua peserta yang hadir seputar 13 indikator yang ada dalam PHBS tatanan rumah tangga tersebut. Dalam kesempatan ini disampaikan juga Gerakan 3, Gerakan 6 serta Gerakan 4 oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo, Joko Budi Santoso, S.KM, M.Kes. Gerakan 3 adalah ada 3 indikator pada seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi, Gerakan 6 adalah ada 6 indikator pada seksi Kesehatan Lingkungan serta Gerakan 4 adalah ada 4 indikator pada seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat. Selanjutnya berharap dari 3 Gerakan ini ada inovasi yang dihasilkan untuk meningkatkan cakupan rumah tangga yang ber-PHBS di Kabupaten Kulon Progo.

Kegiatan hari ini ditutup dengan RTL bahwa hasil kegiatan hari ini akan diteruskan kepada tenaga Promosi Kesehatan puskesmas lainnya melalui Pokja PHBS yang hadir hari ini. Selanjutnya akan disusun kembali kuesioner yang akan dipakai untuk melakukan pemantauan dengan pertanyaan yang lebih dalam lagi, agar kualitas data yang dihasilkan juga lebih baik.