PROMOSI KESEHATAN DI KELOMPOK MASYARAKAT (DUKUNGAN ELIMINASI MALARIA DAN PENGUATAN JEJARING LINTAS P

Pada hari Senin, tanggal 21 Maret 2022 telah dilaksanakan kegiatan Promosi Kesehatan di Kelompok Masyarakat dalam mendukung eliminasi malaria serta penguatan jejaring lintas program di Aula Adikarto, Kompleks Pemda Kulon Progo. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo, Joko Budi Santoso, S.KM , M. Kes.  Dalam sambutan pengarahan disampaikan bahwa terkait penanganan malaria di kabupaten Kulon Progo harus disusun strategi komunikasi dalam penanganan malaria yang tepat agar kasus malaria bisa dikendalikan serta tidak terdapat kasus indigenous.

Kegiatan ini adalah sebuah upaya untuk mengupdate pengetahuan dari tenaga kesehatan program promosi kesehatan serta programmer malaria yang ada di wilayah menoreh. Sasaran kegiatan ini berasal dari wilayah puskesmas Samigaluh 1 dan 2, Girimulyo 1 dan 2, Kokap 1 dan 2, Temon 1 dan 2, Kalibawang serta Nanggulan.

Kegiatan ini diselenggarakan seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Kulon Progo yang menggandeng lintas program di Dinas Kesehatan Kulon Progo sebagai upaya untuk pengendalian kasus malaria di kabupaten Kulon Progo.

Dalam kegiatan ini dilaksanakan refresh pengetahuan seputar informasi tentang :

  • Penguatan Surveilans Migrasi yang disampaikan oleh Sugiarto, SKM, MPH (sub koordinator di seksi surveilans ) ;
  • Strategi Komunikasi Penanganan Malaria di Kabupaten Kulon Progo oleh kepala bidang Kesehatan Masyarakat, Joko Budi Santoso, S.KM, M.Kes.

Di akhir acara, para peserta / sasaran melakukan monitoring kegiatan penguatan jejaring Promkes melalui UKBM PPMD yang dilakukan  pada tanggal 8 – 9 Februari 2022 yang lalu. Kegiatan ini dipandu oleh seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo.

Kegiatan  hari ini  ditutup oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo. Dalam kesempatan ini beliau menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga atas jerih payah dan kerjasama dari semua pihak yang hadir saat ini dalam upaya penanggulangan malaria di Kabupaten Kulon Progo.