PERAN PRAMUKA DALAM PENCEGAHAN COVID-19

PERAN PRAMUKA DALAM PENCEGAHAN COVID-19

 

Dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-60, Saka Bakti Husada (SBH) bersama DKC Kulon Progo menyelenggarakan serangkaian acara Webinar dengan tema “Peran Generasi Muda Untuk Berbakti Tanpa Henti Mendukung Kebiasaan Baru Menuju Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh.” Kegiatan dilaksanakan pada 21 Agustus 2021 mulai pukul 08.30 WIB secara virtual, melalui Zoom dan Live stream Youtube melalui channel Youtube DKC Kulon Progo. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan gugus depan, Satuan Karya dan Satuan Komunitas Pramuka di Kabupaten Kulon Progo.

Kegiatan diikuti oleh lebih dari 250 peserta dan dibuka langsung oleh Kak Arif Prastowo selaku Ketua Kwarcab Kulon Progo dan menampilkan 4 pemateri. Dalam sambuatan pengarahan Kak Arif menegaskan bahwa semua anggota pramuka merupakan agen perubahan di masa Pandemi Covid-19 dan sebagai role model dalam penerapan protokol kesehatan. Pramuka juga sebagai pemberi informasi yang benar di tengah derasnya informasi yang kurang bertanggung jawab. Di akhir sambutan Kak Arif menyampaikan bahwa Pramuka ke depan merupakan organisasi yang modern yang disukai masyarakat dan menjadi organisasi yang lincah, tanggap dan responsif terhadap berbagai persoalan sekitar.

Acara dilanjutkan dengan materi pertama Perkembangan Covid-19 Pencegahan dan Penanggulangganya yang disampaikan oleh Kak drg. Th. Baning Rahayujati, M.Kes. dari Persatuan Ahli Epidemiologi (PAEI) DIY. Dikutip dari materi beliau “Kita berharap jika pandemi ini berubah menjadi endemi, yang artinya kita harus berdampingan dengan covid, maka dari itu kakak kakak pramuka harus mampu menjadi pelopor kebiasaan baru.”

Materi kedua Seputar Vaksinasi Covid-19 disampaikan oleh Kak dr. Rina Nuryati, M.PH, Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo yang manyampaikan berbagai informasi penting seputar vaksinasi Covid-19. Materi ketiga Peran Generasi Muda dalam Masa Pandemi Covid-19 disampaikan oleh Kak Joko Budi Santoso, SKM, M.Kes., Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat yang menyampaikan peran pramuka atau pun generasi muda, “Generasi muda yang akan meneruskan semangat perjuangan kita harus siap dalam berinovasi dan berkreasi dalam membantu dalam upaya pencegahan laju penyebaran covid19 di manapun kapanpun”.

Materi keempat oleh Kak Slamet Riyanto, SKM yang menyampaikan Pengelolaan Sampah di Masa Pandemi Covid-19. Selain itu Kak Slamet juga menyampaikna berbagai ilmu pengelolaan limbah rumah tangga, sampah medis termasuk penanganan sampah masker, beliau juga memberikan pesan “Jangan sampai limbah yan kita hasilakan menjadi bahaya bagi orang lain.” Acara ditutup pukul 13.30 WIB oleh Kak  dr. Sri Budi Utami, M.Kes., Kepala Dinas Kabupaten Kulon Progo yang menyampaikan bahwa acara ini sangat tepat bagi generasi muda di Kabupaten Kulon Progo. -dewi ratna-