RANGKAIAN KEGIATAN HKN KE 56 PUSKESMAS GIRIMULYO II DAN PELATIHAN TANGGAP DARURAT BENCANA SAKA BAKT

      Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-56 sebagai momentum untuk menyatukan tekad dalam mewujudkan Indonesia semakin sehat dan semangat memperjuangkan ketahanan kesehatan Indonesia. Sebagai pengingat public, harus selalu bersama-sama menjaga kesehatan diri, keluarga dan masyarakat agar terhindar dari covid-19, sehingga derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dapat terwujud dengan dukungan seluruh komponen masyarakat.

     Tema HKN tahun 2020 tentang” Satukan tekad menuju Indonesia sehat” merupakan upaya bagaimana membangun masyarakat yang produktif dan aman covid-19 di era adaptasi kebiasaan baru. Melalui sub tema “jaga diri, keluarga dan masyarakat, selamatkan bangsa dari pandemic covid-19”. Agar seluruh masyarakat dan tenaga kesehata, agar selslu disiplin dalam menerapkan protocol kesehatan untuk mencegah keterpaparan covid-19. Sekuat apapun upaya pemerintah tidak akan cukup apabila tidak didukung oleh masyarakat dengan mematuhi protocol kesehatan. Puskesmas Girimulyo II bersama Saka Bakti Husada pangkalan Puskesmas Girimulyo II turut ambil  bagian dalam peringatan HKN guna mendukung pembangunan kesehatan. Rangkaian kegiatan meliputi kegiatan penyuluhan massa dengan siaran keliling, kegiatan upacara HKN, bakti 3M, peresmian TOGA puskesmas Girimulyo II dan edukasi simulasi dapur umum di tanggap darurat bencana.

       Rangkaian kegiatan dimulai dari awal November 2020, yakni penyuluhan massa dengan siaran keliling. Kegiatan ini dilaksanakan oleh anggota SBH, kolaborasi dengan forum kesehatan desa siaga aktif Jatimulyo dan Purwosari. Dalam kegiatan tersebut tim memberikan edukasi tentang protocol kesehatan pencegahan covid-19 dengan selalu ingat pesan ibu (Makai masker, cuci tangan pakai sabun, jaga jarak dan hindari kerumunan) untuk wilayah kerja puskesmas Girimulyo II.

        Dilanjutkan  upacara peringatan HKN ke-56 tahun 2020 dengan melibatkan peserta upacara dari karyawan puskesmas, koramil, polsek, pamong saka, instruktur dan dewan saka SBH pangkalan Puskesmas Girimulyo II. Upacara ini dilakukan untuk pertama kalinya sepanjang peringatan HKN dilaksanakan oleh Puskesmas Girimulyo II yang dilaksanakan pada tanggal 12 November 2020, bertempat di halaman Puskesmas Girimulyo II, yang dipimpin oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha Puskesmas Girimulyo II. pada saat upacara tersebut dilakukan serangkaian 1) mengheningkan Cipta Bersama : Mengheningkan cipta serempak dilaksanakan saat upacara yang bertujuan untuk bersama mengenang pahlawan kesehatan. 2) Doa Bersama : Doa bersama dilaksanakan sesuai agama dan kepercayaan masing-masing ; 3) Membunyikan Klakson/Sirine Mobil : Membunyikan Klakson/Sirine mobil dilakukan secara bersamaan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenang para pahlawan kesehatan yang telah gugur, utamanya yang telah berjuang melawan pandemi COVID-19 di Indonesia.

         Pengabdian Masyarakat puskesmas Girimulyo II melaksanakan bakti 3M berupa kegiatan  penyuluhan massa dengan siaran keliling, kampanye masker, yakni memberikan masker kepada masyarakat dan kampanye cuci tangan pakai sabun (CTPS) yakni dengan edukasi dan menyerahkan sabun cuci tangan kepada masyarakat. Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat semakin sadar untuk berperilaku bersih dan sehat (PHBS), serta membudayakan Germas.

         Peresmian  Taman Obat KeluarGA (TAGA TOGA) selain untuk mencukupi sendiri mendapat cukup gizi dan obat sehingga dapat meningkatkan imunitas, terlebih di masa pandemic covid-19 ini. TOGA diharapkan dapat menjadi media edukasi tentang keneka ragaman jenis tanaman yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi gejala kesehatan ringan secara mandiri oleh keluarga dan memberikan nilai estetika di lingkungan puskesmas.  Peresmian dan pemberian nama TOGA diberikan oleh pak Panewu Girimulyo didampingi oleh Koordinator BPP Girimulyo, TP PKK Kapanewon Girimulyo, PJ Lurah Jatimulyo, PJ Lurah Purwosari dan Kepala Puskesmas Girimulyo II serta pamong SBH. TOGA di lingkungan puskesmas resmi diberikan nama TOGA DEWANDARU yang memberikan makna filosofi tanaman pembawa wahyu.

         Edukasi tanggap darurat. Puskesmas Girimulyo II bersama Tim TAGANA Kabupaten Kulon Progo memberikan edukasi  simulasi dapur umum pada saat tanggap darurat bencana kepada dewan saka dan mabisaka. Kegiatan ini dilatarbelakangi dengan kondisi geografis wilayah Girimulyo yang rawan kejadian bencana alam yang dapat terjadi tanpa diduga kapan dan dimana akan terjadi, apa dan siapa yang terdampak. Yang perlu kita lakukan adalah bersiap diri menghadapi situasi darurat tersebut. Salah satu penanganan yang dapat kita lakuakan adalah membentuk dapur umum makanan/darurat. Melalui rangkaian HKN, kita mengajak masyarakat untuk belajar dan bertanggung jawab terhadap kesehatan diri yang diwujudkan dengan berperilaku sehat agar terhindar dari berbagai penyakit.