LAUNCHING BUKU PEDOMAN PELAKSANAAN PELAYANAN KESEHATAN BAGI PENYANDANG DISABILITAS

Pedoman Pelaksanaan Pelayanan Kesehatan bagi Penyandang Disabilitas ini dapat selesai disusun. Pedoman ini merupakan salah satu acuan bagi tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi penyandang disabilitas sesuai yang diamanatkan pada Undang-Undang Nomor 36 Tahun  2009 tentang Kesehatan dan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

Buku pedoman ini berisi petunjuk tentang pelayanan kesehatan bagi penyandang disabilitas mulai dari aksesibilitas fasilitas kesehatan, penyediaan sarana parkir, gedung, ruang tunggu pasien, pelayanan oleh tenaga medis, pemeriksaan penunjang, tindakan medis, pelayanan farmasi, pembayaran di kasir, hingga kunjungan rumah. Kami berharap pedoman ini dapat digunakan sebagai acuan bagi pihak-pihak yang berperan dalam pelayanan kesehatan di Kabupaten Kulon Progo untuk memastikan pemenuhan hak dalam akses dan pelayanan kesehatan serta meningkatkan kualitas hidup penyandang disabilitas agar sehat, mandiri, dan produktif.

Acara Launching buku ini dilaksanakan di Joglo TP, Beji, Wates, Kulon Progo pada Senin, 28 September 2020 dan dihadiri oleh Tim Penyusun dan Editor dari Dinas Kesehatan, 21 perwakilan dari puskesmas di Kulon Progo, Tim Penyusun dari SIGAB.

Kepala Dinas Kesehatan Kulon Progo, dr Sri Budi Utami, M Kes,  dalam sambutannya mengatakan, bahwa selesainya buku ini baru merupakan awal dari sebuah pekerjaan yang lebih besar kedepan. Baru sebatas menetapkan pedoman yang nantinya dijadikan acuan fasilitas kesehatan yang ada di Kulon Progo dalam melayani penyandang disabilitas. Kepala Dinas Kesehatan Kulon Progo juga berharap kegiatan ini menjadi inovasinya Dinas Kesehatan Kulon Progo.

Direktur Eksekutif SIGAB Indonesia, Suharto, S S.,M.A dalam sambutannya mengatakan,”Kami menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam penyusunan pedoman ini. Buku Pedoman tentang Pelaksanaan Pelayanan Kesehatan Bagi Penyandang Disabilitas ini baru ada di Kulon Progo.”

Pedoman ini hendak mengantarkan kita untuk mencapai standar yang kita cita-citakan. Bagian-bagian dari Pedoman ini merinci kewajiban-kewajiban yang telah ditetapkan dalam undang-undang  terkait penyediaan pelayanan yang dapat diakses. Ia juga berfungsi sebagai sumber daya bagi tenaga kesehatan yang sedang merencanakan pelayanan di masa depan.