Penguatan Dewan Saka SBH Kulon Progo

Dalam rangka penanggulangan COVID-19 dilakukan kemitraan untuk mendapat dukungan dan menjalin kerjasama dalam pencegahan COVID-19 dengan berbagai sektor termasuk generasi muda. Saka Bakti Husada (SBH) sebagai kader kesehatan dari generasi muda telah melakukan berbagai kegiatan dalam mendukung program kesehatan melalui kegiatan Talkshow Teh Gubuk, bekerja sama dengan Semarku dalam pembuatan video “Rokok dan Covid-19”, serta bekerja sama dengan puskesmas dalam program pemantauan tumbuh kembang balita, Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), serta berbagai kegiatan lain di Puskesmas. SBH diharapkan dapat mengambil bagian untuk melakukan komunikasi, informasi, edukasi (KIE) kepada masyarakat di sekitar guna meningkatkan literasi dan memberdayakan kelompok/individu/anggota keluarga agar mau melakukan PHBS pencegahan COVID-19.

Guna penguatan kelembagaan SBH, Jumat 10 Juli 2020 dilakukan pembentukan Dewan Saka sebagai pelaksana harian kegiatan SBH di Kulon Progo. Acara dihadiri oleh unsur Pinsaka, Dewan Kerja Cabang (DKC), Pamong Saka, dan SBH lingkup Kulon Progo. Acara dimulai dengan sambutan dan arahan Pimpinan Saka drg. Hunik Rimawati, M.Kes. Dalam sambutannya drg. Hunik menegaskan agar SBH berperan aktif dalam pembangunan kesehatan. SBH agar memberikan manfaat lebih bagi masyarakat untuk itu program kerja dibuat sederhana namun implementatif.

Acara dilanjutkan dengan pemilihan formatur Dewan Saka yang dipandu oleh Kak Ica dan Kak Soimah sebagai Pamong Saka. Hasil pemilihan Dewan Saka SBH Kulon Progo sebagai Ketua Kak Cavaso, Wakil Ketua Kak Eka, Sekretaris I Kak Alfat, Sekretris II Kak Rindang, Bendahara I Kak Itos dan Bendahara II Kak Puji. Dewan Saka dilengkapi dengan Koordinator Krida meliputi enam krida yaitu Krida Bina PHBS, Krida Bina Lingkungan Sehat, Krida Bina Keluarga Sehat, Krida Bina Gizi, Krida Bina Pencegahan Penyakit dan Krida Bina Obat. Selanjutnya Dewan Saka akan ditetapkan oleh DKC dan akan ditindaklanjuti dengan penyusunan rencana kerja. (dewi ratna)