Susilo Ratnawati Berhasil Mendapat Anugerah ASN 2019 Kategori Future Leader

 

Ajang penghargaan Anugerah Aparatur Sipil Negara (ASN) kembali digelar Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) untuk kedua kalinya. Piala Adigana Award yang diberikan kepada enam ASN ini terdiri dari dua kategori yakni ASN Inspiratif dan future leader.


Adhigana, dalam Bahasa Sansekerta bermakna seorang individu dari golongan unggul. Secara lebih dalam, sifat dari nama Adhigana memiliki ciri peduli sesama, dermawan, tidak mementingkan diri sendiri, patuh terhadap kewajiban, serta ekspresi kreatif. Diharapkan agar semua ASN di Indonesia memiliki sikap seperti tersebut.

Para nomine telah melewati beberapa tahapan seleksi yakni seleksi administrasi, seleksi tiga tahap, verifikasi lapangan, dan tahapan wawancara. Mereka telah bersaing ketat dengan ASN lainnya yang diusulkan dalam ajang ini.


Dalam acara Malam Anugerah ASN 2019 yang diadakan pada hari Senin, 2 Desember 2019 di Stasiun Pusat TVRI Jakarta Pusat tersebut, Menpan RB Tjahjo Kumolo menganugerahkan piala Adigana Award kepada tiga kategori ASN inspiratif dan Menkes Letjen Terawan Agus Putranto menganugerahkan piala Adigana Award kepada tiga Aparatur Sipil Negara (ASN) kategori future leader.

Mulanya Terawan berharap agar ajang pemberian penghargaan ini dapat memicu ASN untuk menjadi sumberdaya unggul demi kemajuan Indonesia.
"Harapan saya agar ASN akan menjadi sumber daya manusia yang unggul sehingga mampu menatap ke depan menuju Indonesia maju di 2045," ujarnya.

Piala Adigana kategori ASN Future Leader diberikan kepada Prio Pamuragan., Perencanaan Program dan Pelaporan Direktorat Sumberdaya dan Perangkat Port Informatika di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Menkominfo).
Pemenang kedua adalah Aldiwan Haiara Putra. Pria ini bekerja sebagai Pelaksana Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan.
Pemenang yang ketiga untuk kategori ini ialah seorang sanitarian di Puskesmas Panjatan II Kabupaten Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta, Susilo Ratnawati.