BIMTEK TIM PEMBINA KKS KABUPATEN KULON PROGO

Kegiatan Bimtek tim Pembina dilaksanakan hari Rabu 24 April 2026 di ruang Trisik Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Komplek Pemda Kabupaten Kulon Progo

Adapun tujuan dari kegiatan Bimtek adalah :

  1. Meningkatnya kapasitas Tim Pembina KKS Kabuapten Kulon progo
  2. Evaluasi Pelaksanaan KKS Kabupaten Kulon Progo tahun 2023
  3. Diperolehnya gambaran teknis penyusunan dokumen KKS

Peserta Bimtek sebanyak 30 orang dari OPD Pembina, Penyelenggaraan Kabupaten Kota Sehat berdasarkan Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor 34 tahun 2005 dan Nomor 1138/Menkes.PB/VIII/2005 dengan penilaian 9 tatanan :

  1. Tatanan Kehidupan masyarakat Sehat mandiri
  2. Tatanan permukiman dan fasilitas umum
  3. Tatanan Satuan Pendidikan
  4. Tatanan Pasar
  5. Tatanan Pariwisata
  6. Tatanan Transportasi dan tertib lalu lintas jalan
  7. Tatanan perkantoran dan perindustrian
  8. Tatanan Perlindungan Sosial
  9. Tatanan Pencegahan dan penanganan Bencana

Narasumber yang hadir dalam kegiatan tersebut :

  1. Lucky Aris Suryono dari Kementrian Kesehatan tentang kebijakan, pedoman mekanisme penghargaan penyelenggaraan KKS tahun 2025 dan kementrian baru membangun sistem semoga tahun depan bisa diwujudkan.
  2. Setyo Harini dari Dinkes DIY menyampaikan hasil penilaian verifikasi KKS tahun 2023 di 9 tatanan, perbedaan hasil verifikasi dokumen dan verifikasi lapangan dan tatanan yang masih bisa ditingkatkan nilainya, Bappeda sebagai dirigen untuk penyelenggaraan KKS mohon bisa mengawal termasuk pembiayaannya, Verifikasi dokumentasi, pemahaman Definisi Operasional dan bukti dukung dicermati ulang

Hasil Diskusi penyusunan Rencana tindaklanjut kegiatan Bimtek dengan moderator Bangun Nugroho Wibowo dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo disepakati perlunya Peningkatan kapasitas tim pembina dan Komitmen Daerah dalam penyelenggaraan KKS di Kulon Progo. (ot6)