PENARIKAN MAHASISWA PRAKTEK BELAJAR LAPANGAN POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES YOGYAKARTA

Dinas Kesehatan kabupaten Kulon Progo sebagai salah satu Organisani Perangkat Daerah yang dipilih oleh Kampus Poltekkes Yogyakarta sebagai tempat Praktik Bimbingan Lapangan (PBL) diharapkan bisa menjadi tempat belajar, pengabdian masyarakat bagi mahasiswa yang melaksanakan PBL, disamping belajar dunia kerja dilingkup Dinas Kesehatan, diharapkan pihak kampus khususnya mahasiswa bisa memberikan masukan untuk perbaikan Dinas Kesehatan, ucapan terima kasih atas kerjasama yang baik semoga bisa berlanjut di tahun-tahun mendatang demikian sambutan Ibu dr. sri Budi Utami, M Kes Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo dalam acara penarikan mahasiswa Poltekkes Yogyakarta di Aula B Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo pada hari Kamis 4 April 2024.

Disamping Kepala Dinas Kesehatan, hadir dalam acara tersebut Dosen Pembimbing Lapangan, Ka Bid P2 Arief Musthofa S. Si, M. Epid, Pembimbing Lapangan Slamet Riyanto, SKM Tenaga Sanitasi Lingkungan, Pemegang Program Kesehatan kerja dan Olah raga dan mahasiswa : Maria Putri Dewi,?Latitia Errinta Khairunnisa, Putri Qomariah Amini, Dina Restu Vinantri dan Afifah Azzahra.

Dalam kesempatan tersebut Abdul Hadi Kadarusno, SKM, MPH selaku dosen pembimbing lapangan, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo yang telah menerima Mahasiswa praktek mulai 13 Maret 2024 sampai dengan 4 April 2024, kegiatan praktek berjalan lancar tidak ada halangan apapun dan tujuan yang diharapkan tercapai, kegiatan PBL mempunyai tujuan mempersiapkan mahasiswa untuk memasuki dunia kerja, adapun yang mata kuliah yang dipelajari dalam PBL ini adalah Manajemen Kesehatan, Aplikasi Teknologi Informasi dan Manajemen Risiko Kesehatan

Praktik Belajar Lapangan di Dinas Kesehatan Kulon Progo merupakan pengalaman pertama bagi kami yang sangat berkesan. Kami diterima dengan sangat baik, dibersamai dalam setiap proses, dibimbing, serta diberikan dorongan untuk menjadi bisa oleh Bapak Ibu Pembimbing Lapangan. Banyak hal yang belum pernah kami rasakan sebelumnya dan kami dapatkan di sini. Selama masa PBL ini, kami menjadi mengerti gambaran kegiatan di dunia kerja khususnya pada Bidang Kesehatan dan Bidang Pengendalian Pemberantasan Penyakit. Dalam dua bidang ini kami menimba banyak ilmu terkait dengan manajemen kesehatan, aplikasi teknologi informasi, manajemen risiko kesehatan. Dengan senang hati, Bapak Ibu Pembimbing mengajak kami mengikuti rapat koordinasi dengan puskesmas dan lintas sektor. Kami juga diajak melakukan analisis dan identifikasi masalah di kantor, di lapangan, di apotek, dan di tempat wisata serta memberikan kami kesempatan untuk menyusun rekomendasi atau saran terkait dengan permasalahan tersebut. Kami rasa PBL selama 3 minggu merupakan waktu yang sangat cepat dengan diiringi banyak peristiwa berharga yang tentu akan sangat kami rindukan. Mohon dimaafkan atas semua kekurangan kami selama ini. Terima kasih banyak Bapak, Ibu, dan Dinas Kesehatan Kulon Progo,  sampai jumpa di lain kesempatan, semoga jaya selalu. Ucapan maria putri dewi dengan terbata-bata mewakili teman-temannya (ot6)