Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan TFC Puskesmas Galur II

Pada tanggal 14 Maret 2024 Dinas Kesehatan Kulon Progo melaksanakan Rapat koordinasi Persiapan pelaksanaan TFC (Therapeutic Feeding Center) Kabupatan Kulon Progo di Aula   Puskesmas Galur I.  Di Kabupaten Kulon Progo TFC atau  disebut Rumah Pemulihan Gizi ini  sudah sejak 2012 dilaksanakan di Puskesmas Galur II. TFC adalah tempat penanganan dan konsultasi  secara komprehensif terhadap balita  gizi buruk maupun gizi kurang, serta  permasalahan seputar gizi balita  berdasarkan kondisi individual anak,  keluarga, dan masyarakat.

Dalam pertemuan persiapan kali ini   mengundang dari Puskesmas di sekitar Galur antara lain Puskesmas Galur I dan II, Lendah I dan II, Sentolo II, Puskesmas Panjatan I dan II, dan Puskesmas Wates. Selain itu juga mengundang  beberapa Kapanewon yaitu Galur, Lendah, Panjatan dan Sentolo.

Rapat koordinasi ini bertujuan selain menjelaskan kegiatan terkait TFC juga menyiapkan data sasaran yang akan dilakukan terapi Gizi di TFC. Balita yang menjadi sasaran TFC dengan kriteria Balita Gizi Buruk tanpa penyakit penyerta. Pada tahun 2024 ini jumlah sasaran yang menjadi target sebanyak 10 balita, pemberian terapi selama 90 hari dengan sumberdana  dari APBD Kab Kulon Progo.

Kegiatan yang dilaksanakan di TFC meliputi skrining kesehatan, pengukuran antropometri Berat Badan, Tinggi Badan dan Lingkar Lengan Atas, pemeriksaan laboratorium dan pemeriksaan oleh dokter, serta pemberian makanan tambahan dengan kegiatan makan bersama di TFC dan diberikan PMT untuk dibawa pulang. Satu kali dalam seminggu balita sasaran dilakukan pemeriksaan dan pemantauan di TFC terkait kesehatannya dan status gizinya.

Dalam pertemuan ini disampaikan keluhan bahwa peralatan untuk edukasi / Alat permainan Edukatif (APE)  yang ada di TFC sebagian besar rusak.

Dukungan dan  peran serta lintas sektor misal dari Kapanewon, PKK. Himpaudi dan CSR sangat diharapkan sehingga kegiatan ini dapat berjalan lancar dan mempunyai daya ungkit yang besar dalam penanggulangan balita gizi buruk.

(Nanang WS_Nutrisionis Dinkes KP)