JAMBORE KADER KABUPATEN KULON PROGO

Kamis, 21 Maret 2024 kegiatan Jambore kader kabupaten Kulon Progo berlangsung di Taman Budaya Kulon Progo (TBK), diikuti oleh kader yang berasal dari 88 kalurahan /kelurahan se-kabupaten Kulon Progo, panewu /mewakili dari 12 kapanewon, TP. PKK kabupaten Kulon Progo, serta lintas program dan lintas sektor yang ada di jajaran Pemda Kabupaten Kulon Progo.

Kegiatan dibuka oleh Asda 1 pemerintah daerah kabupaten Kulon Progo, bapak Jazil.Ambar Was'an. Dalam arahan dan sambutannya beliau menyampaikan bahwa Kader adalah tugas yang mulia, yang bekerja tampa pamrih dan membantu serta mendorong masyarakat untuk terus hidup sehat.

dr. Rina Nuryati, MPH selaku kepala bidang kesehatan masyarakat Dinas Kesehatan Kab. Kulon Progo dalam laporan penyelenggara kegiatan menyampaikan bahwa salah satu tujuan dalam penyelenggaraan kegiatan Jambore Kader ini adalah memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para Kader di Kulon Progo yang selama ini telah ikut berjuang dalam menjaga kesehatan masyarakat yang ada di wilayahnya serta membekali kader dengan kemampuan untuk melakukan komunikasi yang baik dengan warganya melalui teknik Komunikasi Antar Pribadi (KAP) yang hari ini akan diberikan kepada para kader dan juga mendorong para kader agar terus berinovasi dalam melakukan pelayanan di Posyandu.

Selanjutnya motivasi diberikan juga oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kab. Kulon Progo, Dr. drg. Th. Baning Rahayujati, M.Kes kepada para kader yang ikut kegiatan Jambore Kader ini, bahwa saat ini para kader juga harus memiliki 25 keterampilan dasar Kader dalam melakukan pelayanan posyandu pada seluruh siklus hidup, sehingga kader harus terus meningkatkan kemampuannya agar ketugasan para kader di posyandu akan semakin lancar.

Kegiatan dilanjutkan dengan membekali para kader dengan Teknik Komunikasi Antar Pribadi (KAP) yang disampaikan oleh Forum Pelatih KAP. Kader dibekali dengan 3 teknik KAP (bangun hubungan keakraban, saling bicara dan mendengarkan,  serta kunci komitmen). Praktek dalam melakukan edukasi kepada warga dengan terstuktur  dan menyenangkan akan membuat pesan yang ingin disampaikan kepada sasaran akan diterima dengan baik. 

Kader binangun hebat, kader Kulon ProgoKu
#fiensoenandio

https://www.instagram.com/reel/C4xnwTgPl50/?igsh=dXJkdG1vb2RybThu