PENERIMAAN STUDY BANDING KOMISI D DPRD KABUPATEN PATI JAWA TENGAH

Pada hari Rabu, 6 Maret 2024 Komisi D DPRD Kabupoaten Pati melaksanakan Study Banding terkait Stunting di Kabupaten Kulon Progo.  Tamu disambut oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Kepala Seksi KesgaGizi dan JFT Nutrisionis Dinas Kesehatan. Pertemuan dillaksanakan  di Aula B Dinas Kesehatan. Dalam sambutannya yang disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi D, bahwa maksud dan tujuan kunjungan kegiatan ini yaitu akan melihat  upaya-upaya apa yang  dilakukan dalam Percepatan Penurunan Stunting di Kab. Kulon Progo.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kulon Progo dr. Rina Nuryati, MPH menyampaikan  paparan tentang Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Kulon Progo. Dalam paparannya disampaikan tentang regulasi yang digunakan sebagai dasar dalam kegiatn PP Stunting Kulon Progo,  Capaian 11  indikator Intervensi Spesifik yang telah dilakukan, meliputi intervensi rematri dan ibu hamil (sebelum melahirkan), intervensi untuk balita (setelah melahirkan), dan intervensi lintas siklus hidup. Dipaparkan juga data angka stunting di Kabupaten Kulon Progo berdasarkan Survei Nasional maupun melalui pemantauan pertumbuhan rutin di posyandu yang dilihat dari hasil kegiatan  Pemantauan Status Gizi (PSG), juga faktor-faktor yang terkait dengan resiko ternjadinya stunting.  Kepala Bidang Kesehatan Mayarakat menekankan bahwa Kegiatan dalam rangka Percepatan Penurunan Stunting harus dan wajib melibatkan seluruh sektor terkait karena kegiatan intervensi meliputi Spesifik dan Sensitif.

Inovasi dalam percepatan penurunan stunting yang telah dilakukan antara lain melalui Aplikasi BumilKU, MatahatiKU, Kumbo Nambo, Aplikasi Register Berat Badan (RBB) Ibu hamil, Kawasan KTR dan kegiatan- kegiatan yang melibatkan lintas program maupun lintas sektor. (Nanang WS_2024)