Polling       

Jika anda sakit, kemana anda berobat ?

 

   Agenda Kegiatan       

« Sep 2019 »
M S S R K J S
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12

   Statistik Situs       

Visitors :2559345 Org
Hits : 5303863 hits
Month : 4064 Users
Today : 733 Users
Online : 26 Users

   Login       


Username
Password

Register
Forgot Password

   PROFIL KESEHATAN       

   ADDME-SEO       

Workshop Kawasan Sehat

Rabu, 15 Mei 2019 10:34:15 - oleh : Dewi Ratna

Paparan Bupati "Menuju Kabupaten Sehat"

Bagiamana membuat start up terkait kesehatan...? Demikian tantangan jajaran kesehatan menyikapai perkembangan pesat sekarang ini. Hal ini disampaikan Bupati Kulon Progo setelah pemaparan materi Menuju Kabupaten Sehat dalam Acara Workshop Kawasan Sehat di Hotel Kusuma tanggal 6-7 Mei 2019. Dalam paparannya, dr. Hasto menegaskan bahwa dalam pembangunan membuat perubahan adalah satu keniscayaan dalam penyelenggaraan pemerintahan. Bagaimana telah terjadi pergeseran dalam sistem marketing menjadi New Marketing dari Old Marketing dalam suatu bisnis  dan bagaimana pemerintahan bergeser ke New Public Management dari Old Public Management/Service. Dalam sistem marketing sekarang ini interaksi dengan konsumen terjadi dari banyak kolaborasi dan tujuan pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah adalah happiness dengan indikator indeks kebahagiaan, bukan lagi sekedar welfare. Bupati juga menyampaikan indikator kawasan sehat sebagai detail kriteria kawasan sehat di suatu wilayah.

Acara dilanjutkan dengan paparan materi Kajian Kesehatan Lingkungan terkait Perkembangan Pembangunan Kawasan di Kulon Progo. Sesi ini diampu oleh Prof. Lucky dari Poltekes Kemenkes DIY dengan menyampaikan Efek Faktor Lingkungan pada Kesehatan Masyarakat dengan fokus Efek Faktor Lingkungan pada Hipertensi. Hipertensi diambil sebagai studi karena tidak dianggap sebagai suatu penyakit oleh masyarakat. Penderita tidak merasa perlu untuk berobat terkait penyakit ini. Hal ini sangat berbeda dengan penyakit tidak menular lain seperti jantung dan stroke padahal angka kejadian dan kematian akibat hipertensi cukup tinggi. Prevalensi hipertensi di Indonesia Tahun 2013 sebesar 25,8% dan meningkat menjadi 32,4% pada Tahun 2016 dimana 60% diderita kaum wanita. Faktor lingkungan sebagai contoh kebisingan lalu lintas dan polusi udara memberikan kontribusi 75% terhadap kejadian hipertensi. Untuk itu guna meminimalisir paparan kebisingan dapat digunakan earplug atau earmuff, pemasangan peredam suara dengan filtrasi udara, penggunaan masker dan jika memungkinkan tinggal  lebih dari 400 m dari jalan raya dan area bandara.

Pada hari kedua dilanjutkan dengan paparan materi Peran Tenaga Kesehatan Lingkungan dalam menciptakan Tata Kelola Kawasan Lingkungan Sehat dan Peran Lintas Sektor dalam Mewujudkan Kawasan Lingkungan Sehat dengan nara sumber HAKLI Pusat dan Dinas Lingkungan Hidup. Wokshop yang dihadiri oleh 55 orang peserta dari OPD terkait, Unsur Dinas Kesehatan, Akademisi (UNY dan Universitas PGRI), Organisasi Profesi Kesehatan, dan LSM terkait ini diakhiri dengan penyusunan rencana tindak lanjut dengan merancang tata kelola kawasan agar tetap menjadi sehat dengan berbagai pesatnya pembangunan sebagaimana tujuan penyelenggaraan untuk mengantisipasi dampak negatif pembangunan di wilayah Kulon Progo.

 

Kirim | Versi Cetak


"Berita" Lainnya

   Sistem Informasi       

   Persuratan       

   GALERY       

   SPGDT - DIY       

   INFO BED RS