Polling       

Jika anda sakit, kemana anda berobat ?

 

   Agenda Kegiatan       

« Nov 2018 »
M S S R K J S
28 29 30 31 1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30 1
2 3 4 5 6 7 8

   Statistik Situs       

Visitors :2071056 Org
Hits : 4603716 hits
Month : 4698 Users
Today : 405 Users
Online : 10 Users

   Login       


Username
Password

Register
Forgot Password

   GALERY       

   SPGDT - DIY       

   INFO BED RS       

   ADDME-SEO       

Workshop Implementasi District Health Information System Software (DHIS2)

Senin, 16 Juli 2018 15:38:20 - oleh : Etik

 

 

 

 

Perkembangan teknologi mendorong fasilitas kesehatan di Indonesia mengintensifkan penggunaan teknologi informasi untuk mendukung pelayanan kesehatan agar lebih optimal. Saat ini petugas kesehatan di fasilitas kesehatan dibebani dengan entri data pada beberapa aplikasi yang berbeda, sehingga harus dobel entri data yang cenderung memberatkan. Oleh karena itu dipandang perlu adanya upaya untuk mengintegrasikan berbagai sumber data yang ada, data dari berbagai program kesehatan, dengan berbagai metode pencatatan dan pelaporan, baik berbasis web, Excel, maupun kertas.

Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan UGM (FKKMK UGM) telah bekerja sama dengan University Oslo untuk mendukung Kementerian Kesehatan berupaya melakukan implementasi pilot DHIS2 (District Health Information Software) di 10 kabupaten/kota di Indonesia.

DHIS2 merupakan aplikasi open source yang dikembangkan untuk mengelola data kesehatan, menyediakan berbagai fitur untuk manajemen data, validasi data, analisis data, dan visualisasi data kesehatan, guna mendukung pelaporan dan penyajian data secara agregat dari tingkat kabupaten, tk provinsi sampai ke tingkat nasional.

Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo merupakan salah satu kabupaten yang melaksanakan pilot DHIS2 ini dan telah melaksanakan workshop DHIS2 ini pada hari Rabu, tanggal 11 Juli 2018 yang lalu yang diikuti oleh 21 peserta, terdiri dari Pemegang program di Dinas Kesehatan Kulon Progo (perwakilan tiap seksi), Pengelola SIK Puskesmas 2 orang (perwakilan rawat jalan dan rawat inap), Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta 1 orang dan Tim pengabdian kepada masyarakat FKKMK UGM 5 orang.

Adapun Tujuan Pengembangan DHIS2 ini antara lain :
1. Mendukung upaya pemerintah dalam menyediakan data satu pintu, khususnya untuk sektor kesehatan.
2. Berkontribusi terhadap penguatan sistem informasi kesehatan daerah dan nasional
3. Integrasi berbagai sumber data kesehatan yang berasal dari berbagai sistem informasi kesehatan.
4. Mempermudah analisis dan visualisasi informasi kesehatan yang digunakan untuk pengambilan keputusan dan advokasi.
5. Memperkuat jejaring lembaga pemerintah dan universitas dalam pemanfaatan teknologi tepat guna.

Dengan adanya workshop ini diharapkan output yang didapatkan sebagai berikut :
• Terbangunnya koordinasi dan sinergi dengan pengelola program kesehatan di lingkungan dinas kesehatan di DIY terkait dengan penyelenggaraan SIK yang terintegrasi.
• Terlatihnya pengelola program kesehatan di lingkungan dinas kesehatan di DIY sehingga dapat melakukan kustomisasi dan pengembangan DHIS2 serta visualisasi data melalui Dashboard DHIS2.
• Terintegrasikannya data berbasis program kesehatan di lingkungan dinas kesehatan di DIY sehingga efektivitas pemantauan, pengawasan, analisis, hingga pembuatan kebijakan kesehatan dapat tercapai lebih baik.

 

Kirim | Versi Cetak


"Berita" Lainnya

   Persuratan       

   PROFIL KESEHATAN