Polling       

Jika anda sakit, kemana anda berobat ?

 

   Agenda Kegiatan       

« Sep 2018 »
M S S R K J S
26 27 28 29 30 31 1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 1 2 3 4 5 6

   Statistik Situs       

Visitors :2028556 Org
Hits : 4510033 hits
Month : 4631 Users
Today : 571 Users
Online : 9 Users

   Login       


Username
Password

Register
Forgot Password

   GALERY       

   SPGDT - DIY       

   INFO BED RS       

   ADDME-SEO       

Kampanye Germas dan Launching Tari Gemayur di Puskesmas Pengasih II

Selasa, 24 April 2018 15:15:50 - oleh : Etik

Kampanye Germas dan Launching Tari Gemayur di Puskesmas

Semarak Rangkaian acara Kampanye Germas, Launching Tari Gemayur dan Konser 1019 di UPTD Puskesmas Pengasih II pada hari Minggu, 22 April 2018 begitu terasa. Acara yang mengusung tema Pembudayaan Gaya Hidup Sehat melalui Germas dilaksanakan bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Puskesmas yang lahir pada tanggal 14 April 1992. Dengan partisipasi Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo, unsur dari tingkat Kecamatan, Unsur Desa dan Kader Kesehatan serta warga sekitar, rangkaian acara berjalan lancar dan berkesan.

Rangkaian kegiatan yang diawali dengan jalan sehat oleh seluruh tamu undangan, dilanjutkan dengan Kampanye germas oleh Dinas Kesehatan yang dalam hal ini diwakili oleh drg. Hunik Rimawati, M.Kes dan Launching Tari Gemayur oleh Camat Kecamatan Pengasih ir. Aspiyah, M.Si. Sebagai acara terakhir adalah Launching Konser 1019 oleh dr. Chusnun Hendarto selaku Kepala Puskesmas Pengasih II.

Gerakan Masyarakat yang sudah sangat familiar dengan sebutan "Germas", menitik beratkan pada kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Kampanye Germas mengajak masyarakat untuk membiasakan melakukan aktifitas fisik, mengkonsumsi sayur dan buah dan memeriksa kesehatan secara rutin.

Beberapa inovasi yang telah dibuat oleh UPTD Puskesmas Pengasih II sebagai bentuk untuk meningkatkan mutu pelayanan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) dan Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) melalui Launching Tari Gemayur dan Konser 1019. Tidak hanya itu, untuk membiasakan masyarakat rutin memeriksakan kesehatan, UPTD Puskesmas Pengasih II juga mengadakan pemeriksaan kesehatan berupa Skrining Usia produktif dan Skrining Usia Lanjut.
Tari Gemayur merupakan slogan yang memiliki arti "Tanam Sendiri, Gemar Makan Sayur" yang sejalan dengan slogan "Ngopo Tuku", gerakan yang diluncurkan oleh Kabupaten Kulon Progo.

Bentuk dukungan dari tingkat kecamatan adalah diterbitkannya Surat Edaran dari Camat Kecamatan Pengasih, berisi tentang himbauan untuk 1) memanfaatkan lahan lingkungan kantor/sekolah/rumah untuk ditanami sayuran; 2) keluarga menanam minimal 1 (satu) jenis sayuran lokal; 3) memasak sayuran yang ditanam sendiri; 4) membudayakan keluarga untuk mengkonsumsi sayur, buah dan ikan untuk memenuhi kebutuhan gizi seimbang.

Tidak hanya mengajak masyarakat untuk menanam sendiri dan gemar makan sayur, UPTD Puskemas Pengasih II juga mengajak masyarakat untuk terbiasa memeriksa kesehatan secara rutin, bagi usia lanjut lebih dari 60 tahun, usia produktif yaitu 15-59 tahun dan usia remaja yaitu 10-19 tahun. Dalam pelayanan pemeriksaan, akan dilakukan pemeriksaan kesehatan umum, pemeriksaan laboratorium, pemeriksaan Kesehatan Mental dan Emosional, pemeriksaan klinis, pemeriksaan Sadari, pemeriksaan IVA dan konseling kesehatan remaja.

Dari acara Kampanye Germas, Launching Tari Gemayur, Launching Konser 1019 dan pelayanan pemeriksaaan kami UPTD Puskesmas Pengasih II berharap kegiatan ini dapat mejadi titik awal untuk bersama masyarakat membudayakan Gaya Hidup Sehat melalui Germas dan mewujudkan visi yaitu terwujudnya peran serta dan derajat kesehatan masyarakat yang optimal. Acara ini juga menjadi langkah kami dalam melaksanakan misi UPTD Puskesmas Pengasih II yaitu 1) meningkatkan pemberdayaan dan kemitraan masyarakat dalam pembangunan bidang kesehatan; 2) mendorong kemandirian masyarakat di wilayah kerja puskesmas untuk berperilaku hidup bersih dan sehat; dan 3) menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang bermutu dan terjangkau bagi masyarakat.

Kirim | Versi Cetak


"Artikel" Lainnya

   Persuratan       

   PROFIL KESEHATAN