Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo
Rubrik : Berita
Apa Kabar Anak Indonesia !
2011-07-27 14:25:27 - by : Sita Heny

Hingar bingar dan gebyar tari kreasi baru tari “Candik Ayu” dari SD Negeri 2 Sendang Pengasih sebagai Juara I Lomba tari kreasi baru tingkat kabupaten, mengawali serangkaian kegiatan di acara puncak Peringatan Hari Anak Nasional ( HAN ) tahun 2011. Cerahnya cuaca  semakin  menambah keceriaan seluruh pendukung acara HAN bertema “Aku Anak Indonesia Berperilaku Sehat, Cerdas, Kreatif, dan Berakhlak Mulia“  di kompleks Gedung Kesenian Wates Kulon Progo hari ini (Rabu, 27/7/2011)

Semuanya memang spesial untuk anak. Dari bulan Mei banyak kegiatan telah dilakukan, seperti pemberian makanan tambahan bagi anak balita dan anak sekolah, pemeriksaan kesehatan bagi anak sekolah, Lomba Balita Indonesia, Sosialisasi Tumbuh Kembang Anak , Sosialisasi Kesehatan Reproduksi Remaja, Konggres Anak tingkat kabupaten dan Kongres Anak Indonesia ke X hingga pengiriman Duta Anak Asia Pasific di Bandung, dua kegiatan terakhir diampu oleh Forum Anak Kulon Progo (FAKP) serta masih banyak lagi kegiatan lainnya, demikian sebagian isi laporan kegiatan yang disampaikan oleh ketua panitia Supriyo Adi Bawono, SH pada acara pembukaan.

Pada hari ini, Bupati Kulon Progo Toyo Santoso Dipo berkenan mengukuhkan keberadaan FAKP dengan penandatanganan prasasti dan peresmian sekretariat FAKP beralamat di jalan Bhayangkara, sebelah timur kantor Kementerian Agama kabupaten Kulon Progo.

Dalam sambutannya Toyo menyampaikan “Dalam upaya menjamin pemenuhan Hak Anak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang serta terlindungi dari kekerasan dan diskriminasi, tanggal  23 Juli telah ditetapkan sebagai Hari Anak Nasional berdasarkan keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984. Pelaksanaan HAN dilaksanakan di tingkat nasional dan di tingkat daerah dengan tujuan agar semua lapisan masyarakat menyadari akan pentingnya pendidikan, kesehatan, gizi, pengasuhan, dan perlindungan anak Indonesia serta memenuhi segala kebutuhan hidupnya. Hak-hak itu antara lain hak untuk hidup, kelangsungan hidup, tumbuh kembang dan berpartisipasi secara optimal, sesuai dengan harkat dan martabat manusia serta mendapatkan perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi demi terwujudnya anak Indonesia yang sejahtera, berkualitas dan terlindungi.

Acara meriah yang didukung oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo sebagai penanggungjawab di tahun 2011,  tentu saja takkan berarti tanpa dukungan dan kerjasama dari semua pihak yang terkait, baik instansi pemerintah maupun lembaga lain.  Semoga apa yang menjadi cita-cita dan harapan anak-anak Indonesia  dapat kita wujudkan bersama, tambah Supriyo mengakhiri sambutannya. ( Sh )

Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo : http://dinkes.kulonprogokab.go.id
Versi Online : http://dinkes.kulonprogokab.go.id/?pilih=news&aksi=lihat&id=62