Polling       

Jika anda sakit, kemana anda berobat ?

 

   Agenda Kegiatan       

« Oct 2019 »
M S S R K J S
29 30 1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31 1 2
3 4 5 6 7 8 9

   Statistik Situs       

Visitors :2610639 Org
Hits : 5392332 hits
Month : 3909 Users
Today : 619 Users
Online : 11 Users

   Login       


Username
Password

Register
Forgot Password

   PROFIL KESEHATAN       

   ADDME-SEO       

Lomba Balita Sehat Puskesmas Girimulyo II

Selasa, 30 Juli 2019 14:59:19 - oleh : admindinkes10

Lomba Balita Sehat Puskesmas Girimulyo II

Oleh : Siti Widiastuti, SKM.

 

Guna meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), pada tanggal 25 Juli 2019 Puskemas Girimulyo II menggelar Lomba Balita Sehat. Lomba dimaksudkan untuk peningkatan kegiatan di posyandu dan dapat meningkatkan kesadaran dan kemandirian masyarakat dalam pemeliharaan kesehatan di wilayah kerja Puskesmas Girimulyo II khususnya untuk pengembangan, pembinaan kesehatan balita serta untuk upaya percepatan penanggulangan stunting.

Lomba Balita Sehat Puskesmas Girimulyo II juga dimaksudkan untuk               meningkatkan kemampuan dan pengetahuan orang tua dalam membina tumbuh kembang balita secara optimal, meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan ibu anak kepada duta balita sehat, keluarga dan tokoh masyarakat serta meningkatkan motivasi kader dan lintas sektor dalam upaya pemberdayaan dan promosi kesehatan ibu anak. Setelah kegiatan ini, diharapkan para orang tua akan lebih mengenal pertumbuhan dan perkembangan balita, mengetahui sejauh mana pertumbuhan dan perkembangan balita dan mengidentifikasi masalah pertumbuhan dan perkembangan balita. Orang tua juga dapat mengupayakan dan memanfaatkan pelayanan kesehatan bila balita mengalami masalah pertumbuhan dan perkembangan.

Kriteria penilaian Lomba Balita Sehat ini meliputi : 1) keadaan anak antara lain status imunisasi, status pengukuran panjang badan serta status kesehatannya; 2) keadaan orang tua balita yang meliputi pendidikan, umur, alat kontrasepsi yang dipakai khususnya bagi ibu balita dan kelengkapan buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) dan Kartu Menuju Sehat (KMS); 3) status kesehatan umum dan kesehatan gigi, tingkat perkembangan psikologi anak, serta motorik anak.

Lomba Balita Sehat diikuti oleh perwakilan bayi dan balita di tiap Posyandu di wilayah binaan Puskesmas Girimulyo II, dengan jumlah 25 Posyandu. Masing-masing posyandu mengirimkan satu perwakilan bayi dan balita. Lomba Balita Sehat Puskesmas Girimulyo II dihadiri oleh Camat Girimulyo, Ketua TP PKK Kecamatan Girimulyo, Babinsa Koramil 12/Girimulyo beserta PERSIT Ranting 12 Girimulyo, TP PKK Desa Jatimulyo, TP PKK Desa Purwosari dan kader pendamping posyandu. Dalam kegiatan ini juga dilakukan penyerahan sertifikat imunisai bagi balita yang telah lulus imunisasi sampai dengan umur 19 bulan.

Adapun pemenang Lomba Balita Sehat adalah :

1.   Kategori bayi usia 6-24 bulan : Aliyya Keysamahestri (Sabrang Kidul), Nabila Zhratussalmah (Beteng) dan Erlina Salsabila (Banyunganti)

2.   Kategori balita usia 24-60 bulan : Alif Yoga Pratama (Sumberjo), Fiona Azkiya Qonita (Ngaglik) dan Sava Devi Nur Rahmawati (Gedong)

 

 

 

Kirim | Versi Cetak


"Berita" Lainnya

   Sistem Informasi       

   Persuratan       

   GALERY       

   SPGDT - DIY       

   INFO BED RS