Polling       

Jika anda sakit, kemana anda berobat ?

 

   Agenda Kegiatan       

« Jul 2019 »
M S S R K J S
30 1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 31 1 2 3
4 5 6 7 8 9 10

   Statistik Situs       

Visitors :2423775 Org
Hits : 5111748 hits
Month : 3943 Users
Today : 176 Users
Online : 7 Users

   Login       


Username
Password

Register
Forgot Password

   PROFIL KESEHATAN       

   ADDME-SEO       

Menyambut lahirnya si buah hati (Bagian ke-1)

Sabtu, 2 Maret 2019 08:55:20 - oleh : admindinkes10

Oleh Dyah Setyaningrum

Setelah bunda menjalani kehamilan dengan penuh kebahagiaan, maka selanjutnya yang perlu dipersiapkan adalah kelahiran si buah hati.

Apa saja yang harus ayah dan bunda persiapkan menjelang kelahiran anada ?

Tempat melahirkan dan penolong

Melahirkan adalah proses yang sangat penting bagi bunda dan bayi yang akan lahir, maka hendaknya dipilih tempat melahirkan yang aman dan nyaman.

Aman berarti ditolong oleh tenaga kesehatan yang berkompeten ( Dokter / bidan) yang siap 24 jam menolong persalinan di tempat tersebut. Tentu ayah dan bunda tidak ingin ada keterlambatan pertolongan bukan? Maka pilihlah tempat melahirkan yang siap 24 jam, seperti rumah sakit, Puskesmas dengan rawat inap, klinik bersalin atau praktek bidan.

Nyaman berarti tempat melahirkan mudah dijangkau , tempatnya bersih dan memiliki alat yang dibutuhkan bila terjadi keadaan gawat saat melahirkan. Sudah semestinya besuk bunda dan bayi yang lahir mendapatkan pelayanan dengan alat yang sesuai dengan standar kementerian kesehatan, agar bunda selamat dan bayi sehat.

Biaya / dana untuk persalinan

Ayah bunda harus mempersiapkan sejumlah dana untuk biaya persalinan dan perawatan bayi. Karena proses melahirkan yang sebelumnya normal bisa tiba-tiba terjadi komplikasi yang memerlukan tindakan medis seperti operasi, yang membutuhkan biaya jauh lebih banyak.

Apakah bunda sudah memiliki penjaminan / asuransi kesehatan ? bila sudah, pastikan tempat melahirkan dapat menerima asuransi tersebut. Maka Ayah bunda harus mempersiapkan persayaratan untuk dapat menggunakan asuransi kesehatan tersebut.

Apabila bunda belum memiliki asuransi kesehatan, maka pemerintah menganjurkan untuk mendaftarkan di BPJS.

Kendaraan menuju tempat melahirkan

Berapa jauhkah jarak rumah ke fasilitas kesehatan pilihan ayah dan bunda ? Melahirkan bisa terjadi kapan saja, bisa tengah malam , siang atau pagi. Maka ayah dan bunda harus menyiapkan kendaraan apa yang akan dipakai untuk mengantar bunda menuju tempat melahirkan. Apakah kendaraan milik sendiri, atau meminjam milik tetangga? Apabila di desa ada ambulan desa, maka hal itu akan sangat membantu bunda yang akan melahirkan.

Mintalah persetujuan pemilik kendaraan untuk bisa mengantar kapanpun dibutuhkan, termasuk siapa yang akan mengemudi.

Calon donor darah apabila ada keadaan gawat darurat.

Salah satu keadaan gawat darurat yang dapat terjadi pada saat melahirkan adalah perdarahan. Apabila terjadi perdarahan saat sebelum melahirkan atau setelah melahirkan, bunda membutuhkan pertolongan dengan segera, berupa darah pengganti yang harus masuk dengan tranfusi paling lama dalam waktu 2 jam, agar ibu dan bayi selamat.

Darah sesuai golongan darah ibu dalam jumlah besar belum tentu tersedia di PMI. Maka ayah dan bunda harus mencari calon donor darah yang apabila saat melahirkan dibutuhkan, maka dapat diambil darahnya.

Mintalah informasi kepada teman, sanak saudara, tetangga atau kader desa siaga untuk mendapatkan calon donor darah.

Demikian 5 hal penting yang harus dipersiapkan menjelang kelahiran si buah hati. Semoga bunda tetap sehat dan akan melahirkan bayi yang sehat dan hebat.

Kirim | Versi Cetak


"Artikel" Lainnya

   Sistem Informasi       

   Persuratan       

   GALERY       

   SPGDT - DIY       

   INFO BED RS