Puskesmas Lendah I Kampanyekan GERMAS Ke Lintas Sektor Dan Masyarakat


   Polling       

Jika anda sakit, kemana anda berobat ?

 

   Agenda Kegiatan       

« Aug 2018 »
M S S R K J S
29 30 31 1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31 1
2 3 4 5 6 7 8

   Statistik Situs       

Visitors :1993622 Org
Hits : 4453619 hits
Month : 4921 Users
Today : 443 Users
Online : 9 Users

   Login       


Username
Password

Register
Forgot Password

   GALERY       

   SPGDT - DIY       

   INFO BED RS       

   ADDME-SEO       

Puskesmas Lendah I Kampanyekan GERMAS Ke Lintas Sektor Dan Masyarakat

Senin, 6 Agustus 2018 08:43:30 - oleh : admindinkes10

       Dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, Puskesmas Lendah 1 kampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang diikuti oleh 150 peserta dari berbagai kalangangan meliputi lintas sektor, Muspika, Kader masyarakat, jejaring pelayanan kesehatan, Aparat Desa, Perwakilan Guru SD-TK, yang ada di wilayah kerja Puskesmas Lendah 1 (Jumat,3/8/2018). Menurut kepala Puskesmas Lendah 1, drg.RA.Hannie Permatasari, GERMAS merupakan ajakan kepada masyarakat untuk melakukan hidup sehat. Hidup sehat dimulai dari diri sendiri dan masyarakat. Tiga Pilar GERMAS yang utama adalah : melakukan aktifitas fisik, konsumsi sayur dan buah, serta melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala. Orang dikatakan sehat baik secara fisik, mental, spiritual maupun sosial sehingga memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Sehat terdiri dari empat komponen pendukung yaitu lingkungan, keturunan, pelayanan kesehatan, dan perilaku individu, keluarga serta masyarakat. Rangkaian kegiatan Kampanye pada kegiatan ini merupakan simbol dari GERMAS, yaitu jalan sehat untuk aktifitas fisik, konsumsi sayur dan buah dalam hidangan yang disajikan, serta melakukan pemeriksaan kesehatan seperti pengukuran berat badan, tekanan darah, lingkar perut, dan pemeriksaan kadar lemak tubuh pada pada tamu undangan untuk mengetahui gambaran kesehatan secara umum .
       Senada dengan yang diungkapkan oleh Pimpinan Puskesmas ,Camat Lendah, Drs Mitoto Ciptosuroso mengungkapkan bahwa Kampanye GERMAS di Lendah, khususnya di wilayah kerja Puskesmas Lendah 1 adalah kelanjutan dari kebijakan Kabupaten yang telah dideklarasikan pada Hari Kesehatan Nasional tahun 2017. Dimana seluruh Kecamatan di Kabupaten Kulon Progo melaksanakan GERMAS dalam rangka pembangunan manusia yang sehat. GERMAS merupakan suatu tindakan yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen masyarakat, dengan kesadaran, kemauan, dan kemampuan untuk berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

       Dikesempatan yang sama, Kepala Seksi Pengendalian Penyakit Tidak Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo, Andri Susilaningdyah,SKM.MPH mengatakan bahwa kasus Penyakit Tidak Menular (PTM) saat ini meningkat. Penyakit tidak menular dapat dikendalikan dengan cara berperilaku hidup sehat.Terjadinya transisi epidemologi penyakit dari penyakit menular ke penyakit tidak menular menjadi beban ganda bagi petugas kesehatan. Tanpa upaya yang kuat trend PTM kedepan akan meningkat. Faktor resiko perilaku penyebab terjadinya PTM yang harus diperbaiki adalah 26.1% penduduk kurang aktivitas fisik, 93.5% penduduk >10thn kurang konsumsi buah dan sayur, 36.3% penduduk usia >15th merokok, 4.6% penduduk >10thn minum minuman beralkohol (data Riskesdas th 2007 dan 2013).

       Sebagian besar PTM tidak memiliki gejala yang khas pada awal perjalanan penyakitnya sehingga masyarakat tidak menyadari bila telah menderita penyakit tidak menular. Umumnya masyarakat datang ke Puskesmas hanya jika mereka mempunyai keluhan/sakit (30%). Akan tetapi sesungguhnya Puskesmas juga melaksanakan pelayanan berbasis masyarakat (UKBM) seperti Posbindu PTM.

       PTM dapat dikendalikan melalui GERMAS dengan berperilaku CERDIK yaitu Cek kesehatan, Enyahkan asap rokok, Rajin olah raga, Diet yang seimbang, Istirahat cukup, serta Kelola stress dengan baik. (Emi Indrayati,S.ST Puskesmas Lendah 1)

 

Kirim | Versi Cetak


"Berita" Lainnya

   Persuratan       

   PROFIL KESEHATAN