MENUJU MASYARAKAT SEHAT DENGAN "GERMAS"


   Polling       

Jika anda sakit, kemana anda berobat ?

 

   Agenda Kegiatan       

« Aug 2018 »
M S S R K J S
29 30 31 1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31 1
2 3 4 5 6 7 8

   Statistik Situs       

Visitors :1993622 Org
Hits : 4453618 hits
Month : 4921 Users
Today : 443 Users
Online : 9 Users

   Login       


Username
Password

Register
Forgot Password

   GALERY       

   SPGDT - DIY       

   INFO BED RS       

   ADDME-SEO       

MENUJU MASYARAKAT SEHAT DENGAN "GERMAS"

Selasa, 24 Juli 2018 10:24:53 - oleh : Etik

Masyarakat yang sehat adalah cita-cita utama dalam pembangunan kesehatan di Indonesia. Dengan masyarakat yang sehat, pembangunan dapat dilakukan dengan baik, masyarakat dapat berperan secara optimal dan tentu saja biaya pelayanan kesehatan dapat ditekan seminimal mungkin. Dalam beberapa tahun terakhir, Penyakit Tidak Menular (PTM) sudah mulai menunjukkan trend peningkatan. Demikian juga di UPTD Puskesmas Temon I sudah menduduki sepuluh besar penyakit. 

Salah satu upaya menurunkan kejadian PTM adalah dengan melaksanakan perilaku hidup sehat, karena sebagian besar factor resiko PTM berasal dari gaya hidup yang tidak sehat. Untuk lebih memasyarakatkan gaya hidup sehat ini UPTD Puskesmas Temon I melaksanakan Kampanye GERMAS (Gerakan masyarakat hidup sehat). Meskipun pencanangan Germas secara nasional sudah dilakukan sejak tahun 2016, namun tidak ada kata terlambat untuk terus mengkampanyekan GERMAS ini di masyarakat. Gambar di atas adalah foto udara logo Germas yang merupakan bagian dari kegiatan kampanye Germas di Puskesmas Temon I.

Kampanye GERMAS UPTD Puskesmas Temon I dilaksanakan pada hari Sabtu, 21 Juli 2018 di Lapangan Pencengan, Kedundang, Temon, Kulon Progo dengan jumlah peserta kurang lebih 550 orang, terdiri atas, lintas sektor, perangkat desa, kader dan karyawan Puskesmas Temon I. Tampak dalam gambar di atas bapak Camat Temon sedang memberikan pengarahan pada kampanye Germas tersebut.

Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan, menanamkan kesadaran dan kemauan masyarakat untuk selalu hidup sehat. Dalam orasinya, Bapak Camat Temon Djaka Prasetya,SH mengajak masyarakat untuk selalu melaksanakan GERMAS dalam setiap kesempatan. Orasi juga disampaikan oleh drg. Tuty Purwanti, bahwa saat ini masyarakat dapat melakukan GERMAS secara murah dan mudah, dengan tiga fokus kegiatan, yaitu aktifitas fisik, makan buah dan sayur, serta cek kesehatan secara rutin.

Peserta kampanye sangat antusias mengikuti kegiatan ini, yang diisi dengan senam massal, makan buah dan sayur, cek kesehatan, lomba cuci tangan pakai sabun oleh kader kesehatan dari delapan desa wilayah UPTD Puskesmas Temon I. Selain itu ada juga pembentukan formasi foto udara logo Germas agar masyarakat lebih terkesan dengan kegiatan GERMAS ini dan mau melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Dr. Rina Nuryati, MPH

 

Kirim | Versi Cetak


"Berita" Lainnya

   Persuratan       

   PROFIL KESEHATAN