Polling       

Jika anda sakit, kemana anda berobat ?

 

   Agenda Kegiatan       

« Oct 2018 »
M S S R K J S
30 1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 31 1 2 3
4 5 6 7 8 9 10

   Statistik Situs       

Visitors :2055736 Org
Hits : 4557154 hits
Month : 4924 Users
Today : 323 Users
Online : 6 Users

   Login       


Username
Password

Register
Forgot Password

   GALERY       

   SPGDT - DIY       

   INFO BED RS       

   ADDME-SEO       

Temukan TOSS (Tuberkulosis Obati Sampai Sembuh) di keluarga!"

Jum`at, 20 Juli 2018 15:33:00 - oleh : Etik

Penyakit Tuberculosis merupakan penyakit yang sudah ada sejak jaman dahulu kala dan sampai saat ini masih menjadi beban kesehatan di Indonesia. Saat ini Indonesia menduduki urutan kedua untuk jumlah penyakit TB di dunia. Cakupan penemuan kasus TB di UPTD Puskesmas Temon I selama ini belum mencapai target. Tahun 2018 sampai bulan Juni, dari target 15 kasus baru ditemukan 4 kasus. Dari hasil kunjungan rumah Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS PK), ditemukan juga anggota keluarga yang mengalami batuk-batuk lebih dari dua minggu di semua desa yang harus mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut dari Puskesmas. 

Rendahnya cakupan suspek/tersangka yang ditemukan untuk dilakukan pemeriksaan dahak, pasien tidak mau mengembalikan pot dahak yang telah diberikan dengan alasan dahak tidak bisa keluar, merupakan kendala yang masih sering dijumpai di lapangan. Selain itu masih adanya stigma di masyarakat tentang penyakit TB juga mempersulit untuk penemuan kasus lebih banyak. Penegakan diagnosis TB paru sampai saat ini masih menggunakan pemeriksaan sputum/dahak apakah ditemukan bakteri tahan asam (BTA) atau tidak.

Dalam rangka untuk mendapatkan dukungan lintas sektor dan pemabagian peran yang jelas untuk menanggulangi penyakit TB ini UPTD Puskesmas Temon I melaksanakan lokakarya mini lintas sektor dengan tema "Bersatu Menanggulangi TB". Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo, drg. Th. Baning Rahayujati, M.Kes yang memberikan pengarahan tentang kebijakan penyakit TB di Kulon Progo. Peserta sangat antusias dalam mendengarkan pengarahan ini dan sedikit banyak telah membuka wawasan untuk bersama-sama menanggulangi penyakit TB di wilayah UPTD Puskesmas Temon I.
Setelah itu dilakukan advokasi lintas sektor untuk pembagian peran dengan Komunikasi Perubahan Perilaku (KPP) oleh tenaga Promkes Wakhidyah Kusumastuti SKM dan programmer TB Siti Khotimah S.Kep.

Luaran dari pertemuan ini adalah kesepakatan pembagian peran lintas sektor dan pemangku kebijakan untuk dalam mendukung program penanggulangan TB dan mampu menempatkan TB sebagai isu utama. Selain itu penyebarluasan informasi tentang TB kepada masyarakat akan meningkatkan pengetahuan dan kepedulian untuk mencegah penularan TB yang dimulai dari keluarga.

Dengan Gerakan Masyarakat Menuju Indonesia Bebas TB melalui aksi " Temukan Tuberkulosis Obati Sampai Sembuh (TOSS) di keluarga!" diharapkan masyarakat mampu menemukan suspek dan mendorong pasien TB untuk berobat sampai sembuh.

-sumber : dr. Rina Nuryati, MPH (Kepala Puskesmas Temon I)-

Kirim | Versi Cetak


"Artikel" Lainnya

   Persuratan       

   PROFIL KESEHATAN