Polling       

Jika anda sakit, kemana anda berobat ?

 

   Agenda Kegiatan       

« Jun 2018 »
M S S R K J S
27 28 29 30 31 1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
1 2 3 4 5 6 7

   Statistik Situs       

Visitors :1944160 Org
Hits : 4364901 hits
Month : 3726 Users
Today : 260 Users
Online : 7 Users

   Login       


Username
Password

Register
Forgot Password

   GALERY       

   SPGDT - DIY       

   INFO BED RS       

   ADDME-SEO       

Kementerian Kesehatan Selenggarakan Reviu DHA Guna Penyempurnaan Pembiayaan Kesehatan

Selasa, 22 Mei 2018 11:01:25 - oleh : Dewi Ratna

     Dalam rangka penyempurnaan pembiayaan kesehatan, Kementerian Kesehatan RI bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo menyelenggarakan Reviu Disstrict Health Account (DHA) di RM Saiyo Sapta Pesona. Reviu dilaksanakan pada tanggal 14-15 Mei 2016 dengan nara sumber dari Tim DHA Kementerian Kesehatan dan Konsultan Ahli Universitas Indonesia. DHA merupakan suatu mekanisme perhitungan pembiayaan kesehatan yang digunakan untuk menggali informasi terkait sumber, pengelolaan, dan pemanfaatan pembiayaan kesehatan. Perhitungan pembiayaan kesehatan ini membantu pengambil keputusan dalam menjawab beberapa pertanyaan pokok terkait isu kecukupan, pemerataan, efisiensi, efektifitas, dan keberlanjutan yang dapat digunakan sebagai dasar kebijakan alokasi sumber daya kesehatan.
     Dalam pertemuan tersebut Kepala Dinas Kesehatan Kulon Progo, dr. Bambang Haryatno, M.Kes., menyampaikan sambutan antara lain bahwa alokasi anggaran untuk kesehatan di Kabupaten Kulon Progo sudah lebih dari 10% sebagaimana amanat Undang-Undang RI Nomor 36 Tahun 2009. Kabupaten Kulon Progo telah mengalokasikan 12-13% untuk kesehatan diluar gaji. Kepala Dinas juga menyampaikan bahwa pembiayaan kesehatan diarahkan dalam rangka pencapaian standar pelayanan minimal meskipun terkendala jumlah SDM yang terbatas. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengetahui celah-celah mana yang dapat diperbaiki sehingga anggaran kesehatan dapat efektif efisien dan benar-benar menyentuh pada kegiatan prioritas.
     Kegiatan dimulai dengan paparan DHA Kabupaten Kulon Progo selama 5 tahun terakhir dan dilanjutkan dengan reviu terhadap hasil penyusunan DHA Tahun 2015 dan 2016. Peserta meliputi Tim DHA Kulon Progo, pemegang program di Dinas Kesehatan, dan perwakilan puskesmas. Dalam sesi ini nara sumber menyampaikan apresiasi atas kesinambungan penyusunan DHA yang telah dimulai sejak diselenggarakan pelatihan costing pada Tahun 2003. Hasil reviu berupa masukan atas pelaksanaan DHA Kulon Progo antara lain Distribution Keys secara ringkas pada belanja gaji, utilities, obat, dan administrasi terkait program dan pada provider yang mencakup RS, Puskesmas dan Dinas Kesehatan. Selain itu perlunya pemahaman terhadap fungsi RS sebagai kuratif rawat inap, rawat jalan, rehabilitatif, dan program terkait serta fungsi Puskesmas sebagai kuratif rawat inap, rawat jalan, pelayanan pencegahan dan kesehatan masyarakat. Juga terkait dimensi jenis fungsi yang banyak berbeda dan perlunya memisahkan belanja untuk kapital/pembentukan modal serta adanya isu double counting. Hari kedua nara sumber menyampaikan paparan hasil reviu atas pembiayaan kesehatan di Kabupaten Kulon Progo dengan peserta lintas sektor yaitu RSUD, BPJS Kesehatan, BAPPEDA, BKAD, BPS, Dinas Sosial, Dinas Pendidikan, Badan Pemberdayaan Masyarakat-Keluarga Berencana dan Bagian Kesra.

Kirim | Versi Cetak


"Berita" Lainnya

   Persuratan       

   PROFIL KESEHATAN