Polling       

Jika anda sakit, kemana anda berobat ?

 

   Agenda Kegiatan       

« Apr 2018 »
M S S R K J S
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12

   Statistik Situs       

Visitors :1917512 Org
Hits : 4301131 hits
Month : 4630 Users
Today : 286 Users
Online : 4 Users

   Login       


Username
Password

Register
Forgot Password

   GALERY       

   SPGDT - DIY       

   INFO BED RS       

   ADDME-SEO       

Puskesmas Lendah I Mengoptimalkan Posbindu

Selasa, 13 Februari 2018 11:43:24 - oleh : admindinkes10

Peran Posbindu dalam Kendalian Penyakit Tidak Menular

 

       Puskesmas Lendah 1 mengintensifkan peran Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) sebagai upaya untuk mengendalikan Penyakit Tidak Menular (PTM), terutama hipertensi. Kegiatan tersebut dilaksananakan di Posbindu Ceria 1 Sempu Bumirejo Lendah Sabtu (10/2) , berupa penyuluhan (Promosi Kesehatan) tentang hipertensi dan Gerakan Masyarakat Hidup sehat (Germas) yang dilakukan oleh Petugas Puskesmas, dr.Lucia Pingki ,Promosi Kesehatan Sugiarti,Amkl, dan Programer Penyakit Tidak Menular Emi Indrayati, S.ST.
       Dr. Pingki mengatakan Penyakit Tidak Menular terutama Hipertensi di Puskesmas Lendah 1 dalam 4 tahun t.erakhir masih dideretan ke 2 dari jumlah kunjungan kasus yang berada di Puskesmas Lendah 1, dimana penyakit ini merupakan penyakit yang perlu pengobatan jangka panjang,dan perlu dikelola dengan baik.Penatalaksanaan yang baik akan mengurangi komplikasi dari penyakit tersebut. 3 pilar dari penatalaksanaan Hipertensi yaitu: pengelolaan diit, aktifitas fisik atau olah raga yang teratur, dan terapi farmakologi dan non farmakologi.
Penyakit Hipertensi mempunyai factor resiko untuk dapat menurun ke anggota keluarga untuk itu diharapkan anggota keluarga waspada dan mengelola perilaku untuk hidup sehat .
       Senada dengan yang disampaikan dr Pingki, Sugiarti juga menyampaikan bahwa aktifitas fisik selama 30 menit dalam sehari, cek kesehatan secara teratur , dan konsumsi makan sayur dan buah dapat mencegah terjadinya penyakit tidak menular. 3 kegiatan tersebut merupakan 3 pilar Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. ( GERMAS ) Pelaksanaan GERMAS dimulai dari keluarga. Keluarga merupakan dari terkecil masyarakat yang mempunyai peran dalam meningkatkan status kesehatan.Keluarga yang sehat akan menjadikan masyarakat juga sehat.
        Sedangkan Emi, juga mengungkapkan bahwa Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu)adalah Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat yang berguna untuk mendeteksi factor resiko Penyakit Tidak Menular..Dengan adanya UKBM yang berada dimasyarakat diharapkan masyarakat aktif mengikuti kegiatan tersebut sehingga Penyakit Tidak Menular bisa terdeteksi dini ,dan diketahui factor resiko penyakit tersebut Dengan terdeteksi factor resiko diharapkan masyarakat melakukan perilaku hidup sehat yang bisa mencegah penyakit tidak menular. (EI)

 

Kirim | Versi Cetak


"Berita" Lainnya

   Persuratan       

   PROFIL KESEHATAN