Polling       

Jika anda sakit, kemana anda berobat ?

 

   Agenda Kegiatan       

« Oct 2017 »
M S S R K J S
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31 1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11

   Statistik Situs       

Visitors :1773102 Org
Hits : 3938710 hits
Month : 5517 Users
Today : 384 Users
Online : 9 Users

   Login       


Username
Password

Register
Forgot Password

   GALERY       

   SPGDT - DIY       

   INFO BED RS       

   ADDME-SEO       

TES KEBUGARAN KARYAWAN DINKES KULON PROGO

Selasa, 19 September 2017 10:15:12 - oleh : Dewi Ratna

      Dalam rangka menilai potensi kerja seseorang dari waktu ke waktu perlu dilakukan evaluasi tingkat kebugaran dan kesehatan. Pengetahuan tentang potensi kerja ini dapat digunakan sebagai sumber evaluasi yang berharga untuk dapat mengoptimalkan kebugaran sehingga dapat bekerja dengan produktif, efisien dan tidak mudah terserang penyakit, bersemangat, berprestasi secara optimal dan tangguh dalam menyelesaikan tugas. Termasuk dalam hal ini, apabila diketahui bahwa tingkat kebugaran tidak optimal dapat dilakukan intervensi khusus dengan berbagai aktifitas fisik.

      Olahraga adalah salah satu bentuk aktifitas fisik yang dilakukan secara teratur dengan tujuan meningkatkan derajat kebugaran jasmani. Dengan olahraga atau aktifitas fisik secara baik dan benar, teratur dan terukur akan dicapai tingkat kebugaran yang optimal dan merupakan modal penting dalam meningkatkan produktifitas kerja dan pada akhirnya akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

      Dalam rangka pelaksanaan evaluasi kebugaran, Dinas Kesehatan Kulon Progo melaksanakan pengukuran kebugaran karyawan Jumat, 15 September 2017 di Alun-Alun Wates. Menurut Panitia Penyelenggara, Slamet Riyanto, SKM., kegiatan ini diselenggarakan dengan melibatkan sekitar 250 peserta meliputi seluruh karyawan Dinas Kesehatan, 5 orang utusan dari 14 Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Kepala Puskesmas, Kepala Tata Usaha dan Pengelola Program Kesehatan Olah Raga Puskesmas se-Kabupaten Kulon Progo. Acara yang dimulai pada Pukul 06.00 WIB dimaksudkan untuk mendapatkan informasi tingkat kebugaran jantung paru para peserta.

      Sebelum tes dimulai dilakukan pemeriksaan kesehatan dengan anamnesis riwayat penyakit dan gaya hidup serta pemeriksaan fisik meliputi tinggi dan berat badan, tekanan darah, denyut nadi serta pengukuran lingkar perut. Kemudian dilakukan tes kebugaran dengan metode rockport yaitu dengan melakukan jalan cepat atau jogging sepanjang 1,6 km. Metode ini mudah dilakukan dan relatif aman bagi orang yang memiliki faktor risiko terhadap penyakit serta tidak memerlukan alat khusus. Tes kebugararan dilakukan dengan cara berikut :

  1. Peserta melakukan pemanasan dan peregangan seluruh tubuh, terutama otot-otot tungkai dan diakhiri dengan berjalan kaki selama 10-15 menit,
  2. Peserta melakukan jalan cepat atau jogging 2 kali putaran Alun-Alun dengan kecepatan konstan, dan dicatat waktu tempuhnya.
  3. Volume O2 maksimal dapat diketahui dengan melihat Tabel 1. Hubungan Waktu Tempuh dan VO2 Max.
  4. Untuk menentukan kategori kebugaran jantung-paru, digunakan Tabel 2. Kategori Tingkat Kebugaran Jantung-Paru sesuai jenis kelamin dan kelompok umur. Kategori tingkat kebugaran jantung-paru dikelompokkan menjadi 5 kelompok yaitu kurang sekali, kurang, cukup, baik, dan baik sekali.

  

Adapun rekomendasi program latihan fisik untuk masing-masing kategori adalah :

  1. Kategori Kurang : Latihan fisik atau olah raga dengan frekuensi 2 x seminggu dan intensitas denyut nadi 100-120/menit selama 20-30 menit diluar waktu pemanasan dan pendinginan. Jenis olahraga : jalan santai, jalan cepat, jogging, dan bersepeda.
  2. Kategori Cukup : Latihan fisik dengan frekuensi 3 x seminggu dan intensitas denyut nadi 120-130/menit selama 30-40 menit. Jenis olahraga : jalan santai, jalan cepat, jogging, bersepeda, senam, renang, step dance, dan diskorobik.
  3. Kategori Baik : Latihan fisik dengan frekuensi 4-5 x seminggu dan intensitas denyut nadi 130-150/menit selama 40-60 menit. Jenis olahraga : jalan santai, jalan cepat, jogging, bersepeda, senam, renang, step dance, diskorobik, dan olahraga permainan (sepak bola, tenis lapangan, tenis meja, bulu tangkis, basket, voli, dan lain-lain).

Selamat berolahraga, semoga sehat, bugar dan produktif...

Kirim | Versi Cetak


"Berita" Lainnya

   Sistem Informasi       

   Persuratan       

   PROFIL KESEHATAN