Polling       

Jika anda sakit, kemana anda berobat ?

 

   Agenda Kegiatan       

« Aug 2017 »
M S S R K J S
30 31 1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31 1 2
3 4 5 6 7 8 9

   Statistik Situs       

Visitors :1694043 Org
Hits : 3738335 hits
Month : 4512 Users
Today : 164 Users
Online : 12 Users

   Login       


Username
Password

Register
Forgot Password

   GALERY       

   SPGDT - DIY       

   INFO BED RS       

   ADDME-SEO       

Dinkes Situbondo Adakan Studi Banding SIK ke Kulon Progo

Kamis, 20 April 2017 11:41:02 - oleh : admindinkes10

 

 

       Dalam rangka penerapan Smart Society Kabupaten Situbondo melalui implementasi pelayanan kepada masyarakat yang didukung teknologi informasi, Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo mengadakan studi banding ke Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo yang telah lebih dahulu mengimplementasikan dalam bidang kesehatan. Smart Society didefinisikan sebagai kota/desa yang mampu menggunakan SDM, modal sosial serta Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT) untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan kualitas kehidupan yang tinggi dengan manajemen sumber daya yang bijaksana melalui pemerintahan berbasis partisipasi masyarakat. Dalam bidang kesehatan dapat diartikan sebagai pelayanan kesehatan masyarakat terpadu dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dengan melibatkan peran serta masyarakat.
       Kegiatan studi banding ini dimaksudkan untuk pengembangan sistem informasi kesehatan di Kabupaten Situbondo dengan melakukan benchmarking terhadap aplikasi yang telah ada sebelumnya agar aplikasi yang dibangun nantinya dapat lebih berdaya ungkit dan lebih dapat diterapkan di masyarakat. Secara khusus, rombongan studi banding mempelajari kebijakan-kebijakan alur aplikasi, standar operasional prosedur (SOP), serta kebutuhan sumber daya baik hardware, software, SDM maupun pembiayaannya termasuk adanya aplikasi sistem informasi yang sudah terintegrasi dengan aplikasi P-Care BPJS.
       Rombongan dipimpin Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo, Drs. Abu Bakar Abdi, Apt., M.Si. dan diikuti dari Bappeda dan Dinas Kominfo Situbondo, diterima Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo, dr. Bambang Haryatno, M.Kes. beserta jajarannya di Aula A Dinas Kesehatan, Rabu 19 April 2017.
Dalam sambutannya Kepala Dinas menyampaikan proses panjang pengembangan sistem informasi di Dinas Kesehatan termasuk pemenuhan infrastruktur dan SDM-nya, pemberian kewenangan pengembangan teknologi informasi pada puskesmas melalui sistem Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), serta arah pengembangan ke depan.
       Acara dilanjutkan dengan pemaparan secara detail tentang Sistem Informasi Kesehatan (SIK) di Kabupaten Kulon Progo oleh Taviv Supriadi, ST. Bagaimana visi, misi dan prinsip SIK, proses pengembangan sistem informasi, pengembangan SIK melalui kerjasama dengan UGM (program magamg mahasiswa S2), dan roadmap pengembangan SIK di Kulon Progo. Tidak kalah pentingnya adalah komitmen dalam pengelola SIK di Kabupaten. Aplikasi SIK di Kulon Progo telah menggunakan aplikasi Simpus J-Care dan SIMPEDU (Sistem Pelaporan Terpadu) yang telah terintegrasi dengan aplikasi P-Care BPJS sehingga cukup dilakukan sekali entry data sudah terkoneksi dengan aplikasi P-Care.
       Dalam diskusi terlihat rombongan sangat tertarik dengan bridging P-Care dan verifikasi pelayanan kesehatan terhadap penduduk miskin terutama masyarakat yang tidak memiliki NIK. Masyarakat miskin sudah terdata dalam album kemiskinan yang dapat dibiayai melalui Jamkesda sedang penduduk yang tidak memiliki NIK dapat mengajukan status kependudukan ke Dukcapil terlebih dahulu. Teknis penggunaan infrastruktur IT, pelaporan data, back-up keamanan dan kerahasiaan dokumen serta program penurunan AKI, AKB dan komitmen penggunaan IT para petugas juga menjadi perhatian rombongan studi banding Kabupaten Situbondo. Untuk mengetahui lebih lanjut penerapan SIK di puskesmas rombongan melanjutan kunjungan lapangan ke Puskesmas Sentolo I, Sentolo II, Pengasih I, dan Pengasih II. (Dewi RAtnawati *)

 

* : Staf Sub Bagian Perencanaan

 

Kirim | Versi Cetak


"Berita" Lainnya

   Sistem Informasi       

   Persuratan       

   PROFIL KESEHATAN